"Siapa bilang duduk dengan telepon selama sepuluh jam sehari di call center itu pekerjaan mudah?"
Ini dia 29 perjuangan yang cuma bisa dipahami buat kamu yang sedang bekerja atau pernah bekerja sebagai karyawan call center.
1. Duduk di mejamu setengah jam lebih awal untuk mempersiapkan mental menghadapi 10 jam yang akan datang.
2. Mendengarkan 'musik tunggu' terus menerus.
3. Bisa menyanyikan 'musik tunggu' tanpa mendengarkannya.
4. Menghadapi kemarahan pelanggan yang sudah menunggu lama.
5. Melakukan ping pong pelanggan antar departemen. "Maaf, kami hanya berurusan dengan X di sini, Anda perlu memanggil Y." Sampai pelanggan marah...lagi.
6. Menyadari kamu cuma punya lima menit 'waktu tunggu' dan istirahat 10 detik antar panggilan.
7. Gugup seketika saat tiba-tiba supervisor-mu mendengarkan satu panggilanmu.
8. Jatuh cinta pada suara seksi pelanggan yang membuat anganmu melayang.
9. Air mata kebahagiaan yang menetes ketika diberitahu bahwa sistem sedang rusak, jadi kamu punya waktu istirahat lebih dari 10 detik.
10. Mendadak melupakan alfabet fonetik setengah jalan, sehingga kamu menyebutkan "Ayam untuk A", bukan "Alfa".
11. Ancaman menyeramkan dari pelanggan yang mengatakan mereka akan menghubungi CEO perusahaan.
12. Ancaman menyeramkan dari pelanggan yang berjanji akan membawa ketidakpuasannya ke media.
13. Berdoa saat melihat kode area telepon dan menyiapkan cara paling tepat untuk menghadapi karakter pelanggan dari latar belakang berbeda.
14. Mendengarkan umpatan, caci maki dan sumpah serapah dari pelanggan (tapi kamu harus menahan diri dengan tetap sopan).
15. Duduk di samping rekan kerja yang berbicara dengan keras (baca: berteriak) di telepon.
Editor’s Picks
16. Rasa puas ketika kamu memutuskan untuk memberontak dan 'tidak sengaja' memutuskan panggilan dari pelanggan yang sangat mengerikan.
17. Membuat janji-janji kosong ke pelanggan yang hanya akan menjadi kenangan.
18. Merasakan ketidakadilan dan pengkhianatan ketika salah satu pelanggan yang terkesan ramah dan menyenangkan hanya menilaimu 6 dari 10.
19. Euforia yang terasa ketika ada waktu jeda antar telepon.
20. Susah mendengar informasi yang disebutkan pelanggan untuk ketiga kalinya dan mengetik nama, alamat atau nomor kartu kredit mereka seperti yang kamu pikir kamu dengar.
21. Ketika pelanggan meminta untuk bicara dengan manajer dan manajer 'dilatih' untuk menghindari berbicara di telepon.
22. Menghadapi pelanggan yang cerewet dan menciptakan rekor durasi telepon terlama.
23. Melihat tingkah teman yang lagi dimarahi pelanggan, ada yang bersihin meja, tidur, dandan, marah balik, atau nangis.
24. Menghadapi rekan senior yang sombong dan menasihatimu tentang cara menerima panggilan.
25. Merasa iri terhadap rekan kerja yang mendapatkan cuti.
26. Melihat coretan-coretan yang kamu buat di buku catatanmu dan membuatmu menyadari bahwa kamu mengalami penyiksaan jiwa.
27. Bertemu karyawan baru yang hanya bertahan satu hari saja.
28. Ketika ada pengetahuan tentang produk baru yang belum terlalu kamu kuasai.
29. Menutup telepon terakhir dan menghembuskan nafas panjang.
Yaaahh... begitulah seorang karyawan call center.
0 Comments:
Posting Komentar