Arti Kode Suspend atau Pelanggaran di Go-Jek

Arti Kode Suspend atau Pelanggaran di Go-Jek


Dalam operasional hariannya pihak Go-Jek menerapkan sistem suspend terhadap para driver Kena Suspend Gojek guna mencegah fraud atau ketidakwajaran dalam setiap transaksi aplikasi Gojek. Suspend Gojek ini artinya bahwa driver tidak akan bisa masuk dalam aplikasi khusus driver sehingga secara otomatis ia tidak bisa menerima order (ngga bisa narik orderan).  Dalam implementasinya, suspend Gojek ini ada yang bersifat sementara dan ada juga yang bersifat permamnen tergantung dari tingkat kesalahan atau aktifitas dari aplikasi driver Gojek. 


Bagi anda para driver Gojek Berikut ini adalah arti dari kode suspend gojek yang perlu anda ketahui, walaupun tidak berharap terjadi suspend pada aplikasi anda, namun tidak ada salahnya anda mengetahui apa arti kode suspend Gojek dibawah ini.


  1. Autosuspend for fraud_ID 2001 : terlalu banyak transaksi yang memiliki jarak kejauhan
  2. Autosuspend for fraud_ID 2002 : transaksi yang diselesaikan terlalu banyak
  3. Autosuspend for fraud_ID 2003 : customer tidak puas dengan hasil kerja driver
  4. Autosuspend for fraud_ID 2004 : transaksi terlalu cepat diselesaikan terjadi berkali-kali
  5. Autosuspend for fraud_ID 2005 : terlalu banyak transaksi yang diselesaikan
  6. Autosuspend for fraud_ID 2006 : distance mencurigakan (jarak mencurigakan)
  7. Autosuspend for fraud_ID2007  : transaksi diselesaikan terlalu cepat dalam pengertian perjalanan transportasi dan telah terjadi berkali-kali
  8. Autosuspend for fraud_ID 2008 : transaksi distance tidak masuk akal
  9. Autosuspend for fraud_ID 2009 : kecepatan driver menyelesaikan transaksi terlalu cepat dan terjadi berkali-kali
  10. Autosuspend for fraud_ID 20010 : transaksi mencurigakan karena melakukan banyak transaksi dengan customer yang sama
  11. Autosuspend for fraud_ID 20011 : nomor telepone customer adalah nomor telepon driver
  12. Autosuspend for fraud_ID 20012 : melakukan transaksi dengan customer yang sudah dilabel mencurigakan
  13. Autosuspend for fraud_ID 20013 : terlalu banyak cancel
  14. Autosuspend for fraud_ID 20014 : transaksi mencurigakan untuk Go-Food, Go-Mart dan Go-Shop


Dari kode suspend diatas serta penjelasannya, maka sekarang anda dapat lebih berhati-hati dalam melakukan transaksi yang dapat menimbulkan kecurigaan sistem Gojek yang dapat berakibat di-suspend-nya akun anda oleh pihak Gojek.

Pada dasarnya, pemutusan kerjasama antara Gojek dengan ribuan drivernya adalah akibat ‘kenakalan’ dari si driver itu sendiri.

Inilah alasan Gojek memecat atau me-suspend Ribuan driver nya
  • Ada yang nyuruh orang dekatnya buat booking palsu, terus orderan tersebut “ditangkap” oleh pelaku.
  • Ada juga yang katanya pakai software tertentu untuk buat orderan fiktif , yang kata driver yang saya ajak ngobrol hal tersebut adalah terlarang.
  • Atau pakai applikasi tambahan yang bisa memperluas coverage jemputan. Dengan apps ini, order dari Cinere bisa diambil sama driver yang di Grogol. Jauh banget kan? Nggak kebayang tuh pelanggan yang bakal “lumutan” nungguin gojek nya datang.
Padahal kalau dari sistem gojek nya sendiri hanya memberikan order kepada driver terdekat sampai radius yang nggak terlalu jauh.
Tapi ada juga yang nggak sengaja “curangnya”. Biasanya kalau ada pelanggan yang ngebatalin order tanpa melakukan “cancel booking”. Jadi disistem gojek nya booking masih “berjalan”. Driver akhirnya melakukan pengantaran fiktif.

Berdasarkan keterangan dari beberapa driver gojek, memang perilaku curang itu ada. Dan mereka yang “bermain” jujur sangat diuntungkan dengan kebijakan gojek yang memberhentikan atau me-suspend oknum driver gojek yang nakal. “Persaingan internal jadi lebih ‘fair’ sekarang.” kata salah satu driver gojek.


Baca Juga
DONASI VIA SAWERIA Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk menambah semangat saya dalam menulis di www.zulfikrian.com. Terima kasih.
Previous Post
Next Post

post written by:

0 Comments: