Pasar Imlek Semawis Semarang 2013

Pasar Imlek Semawis Semarang 2013

Pasar Imlek Semawis 2013 (img: dotsemarang)

Imlek, di Semarang pasti meriah banget perayaannya selain mayoritas penduduknya chinese dan juga memang sudah tradisi setiap tahun . Semarang, punya perayaan khusus nih dalam menjelang imlek salah satunya adalah "Pasar Imlek Semawis 2013 (PIS 2013). Digelar dari tanggal 6-8 februari 2013, mulai dari jam 09.00-22.00 di lorong Gang Pinggir & Srawung warga Pecinan Semarang.

Nah, saat hari terakhir yaitu tanggal 8 Feb, saya diajak teman-teman untuk melihat acara tersebut, acara semacam pasar ini berlangsung pada malam sebelum malam Tahun Baru Imlek, saat warga Pecinan dan sebagian masyarakat sekitarnya berbelanja berbagai macam keperluan untuk menyambut Tahun Baru. Pasar malam, yang disebut pula ji kao meh (ji kao atau 29 menunjukkan tanggal ketika peristiwa ini berlangsung, meh berarti malam).

Sepanjang jalan Gang pinggir tersebut, banyak stand-stand berbagai macam produk. mulai dari produk perbankan (bank dll), pakaian, brand-brand produk ternama juga banyak hadir disitu. Kuliner asli semarang dan berbagai penjuru nusantara juga hadir disana, diantaranya yang menarik perhatian adalah "Pisang Plenet" . Pisang plenet adalah Pisang Kepok yang dibakar diatas arang, kemudian diplenet(penyet) diberi mentega. Untuk varian rasa ada yang hanya ditaburi gula putih halus, selai nanas, coklat atau keju. Satu porsinya seharga 5 ribu rupiah disini. Pisang plenet termasuk kuliner langka di jaman sekarang. FYI, Pisang Plenet ini sudah ada di Semarang sejak tahun 1960.


Pisang Plenet sejak 1960 :o



Masih banyak sih kuliner yang ada disana tapi karena keadaan suasana yang cukup ramai dan sesak sehingga tidak bisa membuat saya berkonsentrasi untuk memikirkan apa yang ingin saya tulis, akhirnya saya memilih spot untuk foto-foto saja. :D
Selanjutnya biar foto yang berbicara :))






Baca Juga
DONASI VIA SAWERIA Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk menambah semangat saya dalam menulis di www.zulfikrian.com. Terima kasih.
Previous Post
Next Post

post written by:

1 Comments:

tuitsmg mengatakan...

pasar semawisnya mantap!!