KRL Suka Terlambat dan Gangguan Sinyal

KRL Suka Terlambat dan Gangguan Sinyal

Kereta Commuterline jalur Bekasi-Jakarta mengalami gangguan sehubungan putusnya aliran listrik atas St. Cipinang. Sekian.. 😰 at Stasiun Kranji



Hal paling mengesalkan adalah ketika loe telat berangkat kerja sampe stasiun KRL malah gangguan. Mau naik transportasi lain belum tentu bisa keburu waktu, nunggu KRL normal belum pasti kapan. Itu yang kadang gua alami setiap berangkat kerja, KRL yang pilihan transportasi umum sejuta kehambat berefek penumpukan penumpang di stasiun.

Kenapa sih KRL suka gangguan sinyal dan terlambat jam kedatangannya? Kalo kata Direktur Utama PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) Tri Handoyo yang gue himpun dari kompas.com permasalahan tersebut, meliputi seringnya gangguan sinyal dan jarak kedatangan antar-kereta di stasiun (headway) yang kurang cepat. Hal tersebut terjadi karena alat persinyalan sudah tua, dan masih bercampurnya jalur KRL dengan jalur kereta jarak jauh, baik kereta penumpang maupun kereta barang.

Permasalahan alat persinyalan sudah tua sebetulnya sudah masanya harus di ganti, tapi kenapa belum di ganti juga menurut beliau peralatan tersebut. "Alat sinyalnya sudah tua, geledek sedikit langsung mati. Jadi memang perlu pergantian. Cuma, butuh pendanaan besar. Jadi, kita akan melakukannya secara pelan-pelan," ujarnya.

Tri menambahkan, tidak seharusnya pengoperasian kereta perkotaan seperti KRL bercampur dengan jalur yang digunakan kereta jarak jauh. Pengoperasian kereta perkotaan membutuhkan pengaturan yang berbeda dari kereta jarak jauh. Selain itu, jarak tempuh kereta perkotaan lebih singkat, tetapi membutuhkan kereta yang harus melintas sesering mungkin. "Di seluruh dunia, track kereta komuter itu untuk dirinya sendiri. Kenapa? Itu karena waktunya yang sangat pendek. Jadi, pengaturannya sangat rinci. Tidak boleh terganggu dengan kereta lain. Jadi, ada ketepatan. Tapi yang seperti itu sulit dicapai apabila track masih dipakai bersama (kereta jarak jauh)," ujarnya. Karena itu, Tri menyambut baik rencana pembangunan jalur ganda (double track) Manggarai-Bekasi. Menurut dia, langkah tersebut sangat tepat karena selama ini layanan KRL rute Jakarta-Bekasi sering terganggu akibat penggunaan jalur yang bergantian dengan kereta-kereta jarak jauh yang hendak menuju wilayah lain di Jawa Barat, serta Jawa Tengah dan Jawa Timur. "Double track itu konsepnya sudah lama, dan itu akan dibangun pemerintah. Jadi, kereta antar-kota punya track sendiri, KRL punya track sendiri. Jadi, tidak saling ganggu," ujarnya.

Mudah-mudahan bisa segera terealisai untuk double track, karena biar ada jalur khusus KRL dan kereta jarak jauh punya jalur sendiri sehingga tidak saling bergantian dan antri. kedepannya pasti pengguna KRL pasti terus bertambah.
Baca Juga
DONASI VIA SAWERIA Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk menambah semangat saya dalam menulis di www.zulfikrian.com. Terima kasih.
Previous Post
Next Post

post written by:

0 Comments: