Internet Lewat Ponsel

Internet Lewat Ponsel

Seiring meningkatnya kapasitas kecepatan data melalui jaringan seluler, akses Internet melalui ponsel semakin marak. Bahkan Nielsen Mobile dalam laporan survei terakhirnya menyebut web mobile telah mencapai jumlah yang menentukan (critical mass).

Pengguna ponsel di AS merupakan kelompok yang paling siap menyambut perubahan tersebut. Sekitar 16 persen pengguna atau sekitar 40 juta orang di negara Paman Sam tersebut telah menggunakan ponselnya untuk mengakses Internet. Angka tersebut meningkat dari 22,4 juta pada tahun 2006. Di urutan kedua dan ketiga masing-masing Inggris dan Italia.

"Adopsi dan pengalaman mengalami peningkatan pada tingkat yang mengejutkan," ujar Nic Covey, director of insights Nielsen Mobile seperti dikutip BBC.

Bahkan, survei menunjukkan sebenarnya 95 juta pengguna ponsel di AS sudah siap terakses ke Internet. Sebagian di antaranya tidak menggunakannya  karena belum merasa perlu atau tidak sadar telah membayar sebagai bagian dari paket promosi yang ditawarkan operator.

Namun, hal tersebut tidak berlaku bagi para pengguna iPhone. Masih dari survei yang sama, ditemukan bahwa 82 persen pengguna iPhone menggunakannya untuk mengakses Internet melalui layanan seluler. Artinya, kecenderungan tersebut lebih dari lima kali lipat pengguna ponsel umumnya.

Meski persentase tertinggi pada iPhone, ponsel yang paling banyak dan populer dipakai untuk mengakses web di AS adalah Motorola RAZR. Di Eropa paling populer Nokia N95. Nokia juga populer di China, India, dan Russia.

Nielses Mobile menemukan bahwa perilaku mengakses Internet lewat ponsel berbeda dengan akses melalui komputer. Pengguna ponsel ternyata mengakses alamat web yang lebih sedikit daripada pengguna komputer. Pengguna Internet di PC rata-rata mengunjungi 100 domain setiap bulan. Beda sekali dengan pengakses Internet bergerak yang rata-rata hanya 6,4 web setiap bulan di AS, 5,5 alamat web di Inggris, dan 8,2 alamat web di Italia. Yahoo dan Google adalah situs paling banyak dikunjungi.

Mereka umumnya mengakses Internet untuk mengecek email, mengunjungi situs jejaring sosial, dan melakukan transaksi perbankan melalui layanan online. Hal tersebut menunjukkan bahwa pengguna web mobile telah menjadi pangsa pasar bisnis yang menggairahkan.

Indonesia termasuk salah satu dari 16 negara yang disurvei. Dalam daftar tersebut, Indonesia menempati urutan terakhir dengan 1,1 persen pengguna ponsel yang menggunakannya untuk berselancar di dunia maya. Dengan asumsi pengguna ponsel di Indonesia mencapai 90 juta, maka yang mengakses web mobile sekitar 1 juta orang.
Baca Juga
DONASI VIA SAWERIA Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk menambah semangat saya dalam menulis di www.zulfikrian.com. Terima kasih.
Previous Post
Next Post

post written by:

0 Comments: